Berbuka Puasa Menyehatkan

20 May 2018
Comments: 0
20 May 2018, Comments: 0

Gimana sih cara buka puasa tapi tetap enerjik kayak lu?” Tanya seorang teman. “Ada ape tautau nanya buka?” “Soalnya tiap abis buka, gue malah lemes dan kadang pake ditambah pusing segala. Sementara elu santai aja petakilan sana-sini” Keluh teman saya ini

Masalah ini sepertinya klasik. Jangankan berbuka puasa, selesai Ramadan saja sudah jadi rahasia umum kalau Unit Gawat Darurat rumah sakit atau pusat kesehatan lainnya sering penuh oleh orang-orang yang sakit disebabkan oleh efek samping dari kebanyakan makan. Bagaimana cara mengakhiri puasa yang baik?

 

BALAS DENDAM

Godaan saat berbuka memang harus diakui tidak mudah diatasi, setelah menahan lapar berjam-jam lamanya. Hamparan makanan-minuman yang ditawarkan sering kali membuat kita menjadi sulit menahan diri. Menu apapun yang ditawarkan ingin disantap seakan kita sudah tidak makan selama bertahun-tahun. Berbuka puasa dengan semangat membalas dendam.

Tindakan ini secara umum sebenarnya sangat merugikan. Dari sisi spiritual, tujuan puasa jelas akan terganggu. Salah satu makna berpuasa adalah menahan diri dari nafsu, mengkonsumsi beragam makanan masuk dalam perut adalah signal paing awal ketidak mampuan kita menahan nafsu. Puasa juga momen berempati kita terhadap kaum tidak beruntung yang sehari-hari kelaparan atau kehausan karena ketidak mampuan mereka menghadirkan makananminuman cukup.

Dari sisi kesehatan banyak sekali masalah yang muncul saat kita melakukan buka puasa dengan semangat balas dendam. Saat terlalu kenyang, ada segudang masalah menanti. Lambung memang bisa memuai hingga menampung sekitar 3-4 liter makanan-minuman saat dipaksakan masuk. Tapi kemampuan itu tergolong darurat, hanya dilakukan saat perlu. Bila dipaksakan terus menerus akan merusak kondisi lambung secara menyeluruh dan fungsinya pun akan terganggu. Banyaknya makanan yang memenuhi lambung, akan membuat asam yang diproduksi kesulitan menyentuh makanan yang ada di bagian tengah. Hasilnya Anda mudah sakit karena bakteri, atau jasad renik buruk lain tidak bisa disterilkan asam lambung. Juga fungsi cerna yang dibawa lambung bisa jadi tidak terlaksana dengan baik.

Konten tradisi makanan berbuka yang umumnya berbasis gula tinggi juga akan memberikan efek sangat buruk bagi kesehatan bila dikonsumsi banyak dan rutin. Gula darah akan meroket tinggi, yang menimbulkan reaksi otomatis tubuh untuk menanggulangi. Walhasil reaksi ini memakan banyak energi yang kemudian membuat tubuh menjadi lemas. Reaksi ini pun menimbulkan banyak kerusakan pada tubuh secara akumulatif, kerusakan pankreas, sel dan metabolisme secara umum.

 

KAYA MANFAAT

Hukum sederhana Berikan tubuh apa yang sesuai dengan kapasitas kerjanya serta dibutuhkan tetap berlaku di saat berbuka puasa. Kita paham bahwa tubuh manusia memiliki sistem cerna yang cenderung mengarah pada vegetarian. Dan tumbuhan segar memberikan manfaat maksimal saat dikonsumsi. Ke sanalah kita harus mengorientasikan apa yang menjadi bahan dasar makanan-minuman saat kita berbuka.

Minum segelas air putih berkualitas dengan suhu normal. Saya menggunakan air berteknologi Ionizer, #AirKangen, yang segar baru dikeluarkan dari mesin. Minum perlahan dengan penuh rasa syukur. Setelah itu mengkonsumsi buah-buahan segar. Pilih yang manis karena matang alami, berserat serta penuh dengan kandungan air. Kunyah halus, juga perlahan, sebelum telan. Jangan takut pada doktrin gula buah, fruktosa, itu berbahaya bagi kesehatan. Dengan cara santap yang benar, serat alami yang bersifat lengket dan berbentuk seperti agar-agar serta terkandung dalam cairan buah akan menahan serta mencegah lonjakan gula darah. Anda tinggal memastikan buah dikunyah benar, halus dan tercampur baik dengan air liur.

Yang menyenangkan adalah Anda bisa makan buah hingga kenyang tanpa banyak mengalami masalah setelahnya. Sifat buah ringan dan mudah urai oleh sistem cerna, akan membuat tubuh kita terasa enteng. Jauh dari kondisi lelah, lemas ataupun mengantuk. Kandungan lengkap dari enzim, antioksidan, mineral, serat dan cairan yang ada pada buah juga akan memberikan energi sekaligus membuat vitalitas tetap terjaga. Anda bisa melanjutkan ritual ibadah pasca berbuka, makan malam dan beristirahat tanpa mengalami banyak masalah berarti.

 

VARIASI CARA MENGKONSUMSI

Hanya saja harus diakui, sesehat atau sesegar apapun konsep berbuka puasa yang sehat, secara naluriah akan mudah terkalahkan oleh konsep berbuka konvensional. Jajaran makanan-minuman yang menggoda selera lebih mudah ditemui. Lebih sulit memang menjaga disiplin ini bila kita tidak melakukannya dengan komitmen. Solusinya kita harus mencamkan dalam kesadaran, bahwa kemudahan serta kenyamanan berbuka dari menu konvensional akan melahirkan masalah di belakang. Di sisi spiritual tujuan puasa atau kesehatan. Berangkat dari situ, komitmen akan lebih mudah dilakukan, karena lahir dari usaha memahami sesuatu dengan baik.

Belajar untuk memvariasikan hidangan berbuka berbasis buah segar adalah salah satu opsi solusi dari masalah ini. Membuat beragam jenis jus buah dengan berbagai alat seperti slow juicer dan blender adalah contohnya. Pilih alat dengan kualitas baik. Bisa jadi sedikit lebih mahal di awal, namun manfaat yang dihadirkan jauh lebih berharga. Anggap saja Anda berinvestasi untuk kesehatan. Seberapa jauh Anda menghargai kesehatan diri seringkali terlihat dari seberapa rela Anda menginvestasikan dalam bentuk peralatan yang tepat. Tidak usah takut pada doktrin jus buah segar akan kehilangan manfaat serat. Kandungan serat untuk mencegah masalah tetap ada dalam cairan buah. Bila Anda menggunakan slow juicer, perhatikan cairan kental dan cenderung lengket yang keluar bersamaan dengan cairan. Itu contoh serat yang dimaksud.

Mempelajari budaya kuliner populer pun bisa menjadi solusi agar kita punya varian hidangan berbuka yang sehat. Semisal membuat es buah dengan beragam buah segar potong, Anda tinggal mengganti pemakaian sirup atau gula cair dengan gula buatan sendiri dalam jumlah terbatas. Bisa juga diganti oleh madu pilihan atau pemanis alami sehat lainnya. Untuk cairan es buah, Anda bisa manfaatkan jus dari jenis buah yang kaya air. Airnya juga bisa Anda buat sebagai bahan es batu. Untuk memberikan sensasi creamy yang diberikan oleh susu kental manis, Anda bisa memanfaatkan santan segar. Ada segudang cara untuk berbuka secara sehat namun tidak membosankan dan tetap mudah dilakukan

Agar paham lebih lanjut sila baca lengkap artikel ini http://www.erykar.com/serat-bagi-sistem-cerna/ Anda tinggal memastikan jus buah tersebut adalah buatan sendiri bukan kemasan. Atau bila sedang ada di luar rumah, setidaknya bisa diketahui bahwa jus buah itu dibuat dengan cara yang baik.

 

Semoga berguna

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *