About #Foodcombining 05

14 April 2013
Comments: 42
14 April 2013, Comments: 42

01. Buah-buahan adalah satu-satunya penyumbang air, enzim dan nutrisi yg berbentuk basa (selain sayuran) bagi tubuh #foodcombining

 

02. Diasup secara rutin, dengan cara benar, buah dapat membuat kerja pencernaan menjadi sangat ringan sehingga menyehatkan  #foodcombining

 

03. Karena buah telah memiliki enzim yg mampu mengurai molekulnya sendiri dlm sistem cerna, sekaligus sumbang enzim bg tubuh #foodcombining

 

04. Buah memiliki kandungan serat dan enzim cerna yg mampu bantu tubuh hilangkan tumpukan makanan dr usus besar #foodcombining

 

05. Energi tubuh terhemat krn buah luar biasa mudah dicerna. Hingga bisa dimanfaatkan utk membantu fungsi tubuh yang lain #foodcombining

 

06. Pemasok energi sangat cepat, karena fructose (gula buah) mudah diserap tubuh, tanpa membuat beban berlebihan bg pancreas #foodcombining

 

07. Sebaiknya buah dikonsumsi dlm keadaan matang pohon. Enzim cernanya telah lengkap, hingga tdk hrs dicerna oleh lambung #foodcombining

 

08. Buah matang pohon memiliki kandungan gula buah yg sederhana. Buah mengkal tidak, menyulitkan system cerna #foodcombining

 

09. Tapi buah menjadi sulit cerna saat dikonsumsi bersamaan dengan makanan padat lainnya. Fructose cenderung merusak mereka #foodcombining

 

10. Selain itu kandungan asam karbonat/vit. C pada buah mengganggu kerja enzim cerna amilase (karbo) dan pepsin (protein) #foodcombining

 

11. Makanlah buah dalam keadaan perut kosong agar maksimal gunanya. Makan buah pasca makan berat sgt ganggu kesehatan #foodcombining

 

12. Buah dikonsumsi stlh makan akan mengubah buah menjadi racun tak berguna utk tubuh plus merusak apa yg telah dimakan #foodcombining

 

13. Konsumsi buah dlm keadaan perut kosong tdk menimbulkan masalah bg asam lambung, karena sifat buah adalah pembentuk basa #foodcombining

 

14. Kecuali bila alam bawah sadar tlh ada ketakutan tinggi thdp buah, bisa memicu sakit perut atau biasa disebut psychosomatic #foodcombining

 

15. Buah ideal dimakan saat sarapan, karena sesuai dengan siklus ritme sirkadian, dimana pagi hari energi cerna harus dihemat #foodcombining

 

16. Makan buah di pagi hari membantu fase pembuangan ritme sirkadian. Membersihkan tumpukan kotoran pada usus besar #foodcombining

 

17. Usus besar yang bersih dan sehat, factor penting bagi kehidupan yang sejahtera untuk jangka panjang (juga berat bdn ideal) #foodcombining

 

18. Makan buah di pagi hari harus dengan perlahan agar ia tersentuh dengan air liur sehingga tercerna sempurna #foodcombining

 

19. Sifatnya yg mudah cerna juga membuat buah mudah membuat kenyang namun lapar lagi dlm waktu dekat #foodcombining

 

20. Karena itu makan buah secara akumulatif di pagi hari. Jangan makan buah sekali saja, bekali diri dgn buah bila beraktivitas #foodcombining

 

21. Makanlah setiap terasa lapar. 1 butir apel atau pir, mampu mengusir rasa lapar. Hingga tiba waktu menjelang makan siang #foodcombining

 

22 Variasikan menu agar mendpt manfaat maksimal, buah manis karena matang pohon, berserat serta berair adlh kriteria terbaik #foodcombining.

 

23. Hindari buah beralkohol spt durian, nangka dan cempedak krn tidak sesuai dengan kriteria buah baik santap di pagi hari #foodcombining

 

24. Pisang dan mangga, sebaiknya tidak dimakan sebagai buah yg pertama dimakan pada pagi hari. Setelah itu tidak terlalu masalah #foodcombining

25. Menjus buahnya sendiri, agar lebih praktis, juga tetap memiliki kebaikan, sebaiknya hindari jus buah kemasan. Buat yg segar #foodcombining

42 responses on “About #Foodcombining 05

  1. makin keren aja blognya, jadi mudah bacanya

  2. Yana says:

    untuk yang kena uric acid, makanan apa saja yng harus dihindari bila mau mempraktekkan foodcombining ini? thanks ya

  3. Heri Bluz says:

    Ibu saya sedang terkena infeksi lambung kasihan tiap hari minum obat
    apakah FC merupakan sebuah solusi atau bisa sekaligus menyembuhkan??

  4. Vina says:

    mas Erikar,
    saya menderita thalasemia, rutin transfusi 3 – 4 bulan sekali dan saat ini sedang menyusui baby boy usia 4mos. sarapan saya rutin buah namun jika abis menyusui (ketika libur kerja) di pagi hari sering terasa lapar hingga perih. bolehkah makan siang pada 10.30 atau 11 pagi ? maaf merepotkan.

  5. zahra says:

    sebelumnya trima kasih atas infonya…
    saya mau tanya buah apa saja yg baik dikonsumsi di pagi hari ??

    • erykaradmin says:

      Berair, berserat dan manis karena matang sempurna

      • citra says:

        Saya dan ibu saya mengidap penyakit hepatitis B. Apa dengan FC ini jg bisa mengatasi penyakit kami? Brp bulan waktu yg dibutuhkan agar hepatitis kami bisa hilang?

        Lalu, pola makan seperti ini bisa menggemukkan badan tidak mas? Masalahnya saya kurus sekali.

        • erykaradmin says:

          Foodcombining membuat tubuh sehat. Tubuh sehat selesaikan sendiri masalah kesehatannya. Entah itu penyakit atau berat badan yang tidak sesuai kebutuhan tubuh

  6. Echie says:

    saya kena dyspepsia, makann buah2an bwt sarapan dan nyemil smpe waktu makan siang apaa ga ganggu lambung?

    • erykaradmin says:

      Pola makan Anda selama ini yang mengganggu fungsi dan kesehatan lambung Anda. Foodcombining (bila dilaku benar) justru sesuai dengan kebutuhan tubuh serta sistem kerja alat cerna Anda.

      Tubuh yang dipatuhi keinginan dan dihormati cara kerjanya, akan menghilangkan sendiri masalah yang dimiliki

  7. yuda says:

    yg ingin saya tanyakan :
    1. setelah makan siang pukul 12 bolehkah makan camilan buah dan sayur mentah +/- pukul 4 sore (bila terserang lapar)?
    2. setelah makan malam pukul 19 bolehkah makan camilan buah dan sayur mentah +/- pukul 22 (bila terserang lapar)?
    3. pati tdk boleh dicampur dg protein hewani, kl pati + protein nabati bisa?
    4. bgmn dg aturan minum saat makan? sebelum/boleh pada saat makan/sesudah?
    Thanks.

    • Erykar says:

      1. Boleh
      2. Terlalu dekat waktu tidur, bila lapar hanya dengan jeda seperti itu, memperlihatkan buruknya kualitas makan malam, minimal dari sisi porsi
      3. Bisa
      3. Sebelum 1 jam dan sesuah 1 jam. Disaat makan, tidak lebih dari 3/4 gelas ukuran normal. Semua hanya air putih

  8. hellen anggraeni says:

    salam kenal mas erikar.. sy sudah coba baca2 cara ber FC sedikit banyak sudah mulai paham dan insyaallah bisa laksakan dng baik..oia, yg ingin sy tanyakan sy hobi fitness, kalo lagi menerapkan FC hendaknya waktu yg baik melaksanakan olahraga pukul brp? dan makanan penunjang setelah olahraga itu apa saja?mohon infonya.terima kasih

    • Erykar says:

      Olahraga dilakukan sebaiknya jauh dari jam tidur malam hari. Itu yang paling krusial. Lainnya relatif bisa ditoleransi tubuh

      • edo says:

        Saya juga ingin menanyakan berkaitan dengan aktifitas fitness, untuk waktu saya biasa pagi
        yang jadi pertanyaan adalah apakah cukup dengan konsumsi FC sehari2 atau perlu ditambahkan
        atau fitness itu tak ubahnya seperti olahraga lain?

        Terima kasih.

        • Erykar says:

          Kalau mau sehat

          Ya pola makannya harus sesuai dengan kebutuhan tubuh. Sayangnya pola makan gym, itu orientasinya bentuk tubuh, tapi bukan kesehatan. Jadi ya tinggal pilih. Mau tubuh sehat atau tuntutan seperti anak gym? Jalan tengah? Ya kalau mau sehat, gak bisa berotot secara maksimal seperti maunya anak gym

  9. mimin says:

    sy coba FC bbrapa bulan yang lalu, tp msh coba2, tp akhr2 ini sy suka merasakan panas di bagian perut, knapa itu ya?apa juklaknya salah? kdng pagi makan buah (pisang, pepaya) jam 9 makan nasi. Jenipernya harus jeruk lemon ato boleh jeruk nipis? makasih pencerahannya

    • Erykar says:

      Kalau melakukannya masih setengah-setengah, ya jangan minta dianalisa masalah tubuhnya. Lakukan benar baru bisa dikoreksi

      Kebiasaan buruk lama masih ada, ya jangan minta perbaikan

    • Erykar says:

      Ya jangan minta dianalisa kalau melakukan sesuatu belum komit dan menyeluruh. Problemnya akan selalu mengikuti penyebabnya selama masih ada.

      Melakukan komit aja belum tentu sembuh instan, ini gimana yang jauh dari serius?

  10. Bebe says:

    Hai Erik, tanya dong. Krn cari buah yg baik dan bersih deket kantor agak susah, lg berpikir untuk memanfaatkan jasa antar cold-pressed juice.
    Nah, pertanyaannya:
    1. Is cold pressed juice ok to consume? Apakah juice disimpan lebih dari satu hari di kulkas masih berguna buat tubuh?
    2. Atau sebaiknya juice diminum segera setelah dibuat spy mengurangi menurunnya kualitas krn oksidasi?
    2. Soal buah campuran juice – apakah buah yg ‘naturally’ asam boleh dicampur dgn buah yg manis – mis.nya bolehkan pisang dan strawberry di jus bareng?
    Thanks loads, Erik 🙂

    • Erykar says:

      1. Is cold pressed juice ok to consume? Apakah juice disimpan lebih dari satu hari di kulkas masih berguna buat tubuh?
      Bagus banget, tapi sebaiknya minum secepat mungkin. Kalau mau 1-2 jam setelah, tutup rapat.

      2. Atau sebaiknya juice diminum segera setelah dibuat spy mengurangi menurunnya kualitas krn oksidasi?
      Exactly

      3. Soal buah campuran juice – apakah buah yg ‘naturally’ asam boleh dicampur dgn buah yg manis – mis.nya bolehkan pisang dan strawberry di jus bareng?
      Gak terlalu masalah. Justru hindari kombinasi buah berair dan kurang berair

    • Erykar says:

      1. Bagus kok Cold Pressed Juice, saya juga pake

      2. Namanya buah, idealnya ya begitu diproses harus segera dikonsumsi.. Kalau susah, minimal tutup rapat kontainernya, konsumsi jangan lebih dari beberapa jam kemudian

      3. Bolle aja

  11. Mustika Sari says:

    Mas Erikar, kalo untuk pagi hari lemon diganti jeruk nipis boleh nggak? apa tidak akan mengurangi khasiatnya?
    lemon susah dapatnya dan harganya mahal…
    mohon infonya, terima kasih…

  12. nia says:

    mas kalo buah nya dingin dr kulkas gapapa ya?

  13. maria says:

    Mas..kenapa ya pisang dan mangga, sebaiknya tidak dimakan sebagai buah yg pertama dimakan pada pagi hari ? padahal pisang dan mangga memenuhi kriteria berair, berserat dan manis..

    • Erykar says:

      Very nice

      Practice is key factor in this case. Get rid of the therapy or curing state of mind. Just enjoy the process and after that make it as lifetime commitment

  14. Ellysabeth says:

    Mas Erik,
    Kalo mau naikin BB step2 FC nya harus gimana ya?
    Soalnya baru nyoba FC koq ngerasa BB makin turun?
    Padahal niatnya FC mau naikin BB..

    • Erykar says:

      Lakukan dengan baik sesuai aturan, tanpa improvisasi!

      Tubuh sehat selesaikan sendiri masalahnya, termasuk pengaturan BB. Bukan dibalik, tubuh dipaksa turun atau naik berat, tanpa mempedulikan sisi kesehatan

  15. poppy says:

    Kalau makan siang salad plus egg plus grilled chicken, apa boleh pake salad dressing? Kl boleh, mana yg lbh baik, thousand island atau balsamic vinegar?

  16. Sally says:

    Mas saya mau mulai food combining dan perbanyak makan sayur. Saya tidak sanggup beli sayur organik tp ingin bisa mencuci bersih sayur dari pasar. Apa cara paling murah untuk cuci sayur termasuk yg dedaunan agar bersih? Jika menggunakan cuka apel brp perbandingan cuka dg air? Di internet perbandingannya berbeda-beda setiap web. Terima kasih

    • Erykar says:

      Gak perlu selalu beli organik

      Cukup cuci bersih secara cermat. Cuka apel boleh juga, tapi sebaiknya satu tutup untuk sebaskom kecil air, makin pekat konsentrasinya makin mengganggu rasa sayur, plus juga mengganggu kesegaranya. Kalau mau maksimal, coba manfaatkan halaman atau pot kecil untuk mulai menanam sendiri tanaman umum santap. Sukur-sukur kalau bisa tanaman buah. Budi dayakan secara organik

      Murah kan?

  17. Nina says:

    Mo nanya aja…klo pagi sebelum ngantor saya sarapan jus daricampuran 2 macam buah supaya punya energi selama perjalanan ke kantor, trs nyampe ktr saya biasa makan pisang ato klo sekarang saya hobi makan mangga (mumpung lagi musim).
    Nah, barusan baca katanya pisang ato mangga ga boleh sebagai buah pertama klo pagi ya. gimana tu?ato karena dah minum jus paginya maka mangga ato pisangnya dah ga dianggep sebagai buah pertama?
    Mohon pencerahannya donk, suhu…

    • Erykar says:

      Saya gak pernah bicara seperti itu. Ada beberapa alasan terkait hal lain, tapi sama sekali bukan melarang hal tersebut dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *